Bikin Denah Rumah 3 Dimensi, Yuk!

Tidak benar kalau ada yang bilang membuat denah rumah 3 dimensi itu susah. PCplus akan membuktikannya di artikel ini.

Software Sweet Home buatan ETeks bisa dipakai untuk keperluan itu. Program gratisan ini memungkinkan kita belajar membuat denah rumah secara mudah dan menggambarkannya secara realtime dalam bentuk 3 dimensi. Sebelumnya silahkan unduh programnya dari sourceforge.org. Sudah? Yuk kita mulai membuat rumah.

t05-434-bikin-gb-11

 

1. Langkah pertama mari ganti latar belakang default yang putih ini menjadi gambar lantai. Caranya masuk ke menu 3Dview lalu pilih Modify 3D View. Pada kotak dialog yang muncul, klik kotak gambar pada bagian

t05-434-bikin-gb-12Texture di Ground. Selanjutnya pilih gambar yang kamu inginkan. Klik OK pada 2 kotak dialog untuk menerapkan ini.

 

 

t05-434-bikin-gb-202. Kini kita perlu membuat bagian dinding supaya memudahkan kita menempatkan elemen-elemen lain di dalamnya. Klik Plan > Create Walls. Dengan kursor baru bentuklah dinding di bagian Home Plan. Caranya, cukup dengan mengklik hingga terbentuk persegi dan gambar 3 dimensi di bagian bawahnya.

 

3. Jika kamu merasa lebar dinding kurang pas, cukup klik salah satu bagian panjang dinding dengan Pick tool (ikon bergambar kursor panah), lalu geser. Perhatikan perubahan di bagian bawahnya. Kamu dapat mengklik dan menahan mouse lalu menggerak-gerakkannya agar dapat melihat secara tiga dimensi bentuk dinding ini.

t05-434-bikin-gb-40

 

4. Sekarang kita bentuk 2 kamar tidur untuk rumah ini, satu kamar kecil dan satu besar. Klik Plan – Create Rooms. Untuk menyudahi pembentuan bidang persegi, pastikan kamu mengklik ganda dalam prosesnya. Tanpa itu Sweet Home tetap menganggap kamu masih membentuk bidang lain.

 

t05-434-bikin-gb-50

5. Sekarang klik kanan pada bidang yang baru terbentuk tadi. Pilih Modify Rooms dan pilih tekstur di bagian Floor. Kalau perlu ketikkan nama agar lebih mudah menandainya. Sekarang bentuklah dinding yang ukurannya sama dengan bentuk lantai itu. Perhatikan tampilan tiga dimensinya. Dengan cara yang serupa, bentuklah 1 kamar lagi di sisinya.

 

t05-434-bikin-gb-606. Tiba saatnya kita memberikan warna pada bagian dinding agar tampak lebih nyata hasilnya. Dengan Pick Tool, klik kanan bagian dinding yang dipilih di bagian Home Plan. Pastikan kamu bukan memilih dinding utama, melainkan dinding kamar. Gunakan tombol Shift ketika kamu memilih bagian-bagian dinding tersebut lalu klik kanan dan pilih Modify Walls. Di dalam kotak dialog pilih warna untuk bagian sisi kiri dan kanan dinding. Klik OK dan perhatikan hasilnya.

 

t05-434-bikin-gb-71

 

7. Langkah berikutnya mari kita menempatkan pintu pada kedua kamar ini. Tapi sebelumnya kita mesti menempatkan bingkai pintu terlebih dahulu. Klik bagian folder Doors and Windows, lalu drag Door frame ke bagian Home Plan di sisi kanan dinding. Drag Door ke arah serupa dengan Door frame itu. Untuk memutar t05-434-bikin-gb-72klik, tahan, dan geser gambar lingkaran panah pada objek yang terpilih. Dan jangan lupa untuk memberikan warna ataupun tekstur pada bingkai dan pintunya. Caranya klik kanan, lalu pilih Modify furniture.

 

 

 

t05-434-bikin-gb-808. Sampai di sini bentuk kasar rumah kita ini sudah terlihat. Sekarang silahkan isi dua kamar tadi dengan berbagai furniture. Bila perlu tambahkan satu ruangan lagi untuk kamar mandi. Supaya skala dan lokasi objek lebih tepat, gunakan bagian Location dan Size di dalam setiap kotak dialog Modify. Intinya pengaturan terperinci masing-masing objek ada di kotak dialog itu. Misalnya untuk objek lampu, kamu dapat menentukan tingkat terangnya dengan memasukkan nilai persennya.

t05-434-bikin-gb-909. Kalau sudah selesai, mari kita coba merendernya menjadi gambar 3 dimensi nyata. Pertama tentukan dulu perspektif 3 dimensinya. kamu dapat menggunakan fitur kamera agar lebih leluasa menentukan sudut pandangnya. Caranya, tekan Ctrl+Shift+D hingga muncul objek model manusia di bagian Home Plan. Gunakan lalu klik menu 3D View*Create Photo. Di dalam kotak dialog tentukan ukuran gambar hasil akhir dan geser slider di bagian bawah untuk menentukan kualitas gambar, lalu klik tombol Create untuk memulai proses render. Ingat semakin bagus gambar yang kamu inginkan, maka prosesnya akan semakin lama. 

 

Naskah: Vinsensius Sitepu


Share