Samsung NX300, Otomatis Kirim Hasil Bidikan Kamera ke Tablet

Samsung-NX300-2JAKARTA, SENIN –  Andai saja sudah ada Samsung NX3 ketika itu, gambar-gambar saya akan selamat. Begitu kata fotografer senior sebuah harian ibukota Arbain Rambey tentang salah satu keistimewaan kamera terbaru Samsung, NX300, yang diperkenalkan di Pulau Macan, kepulauan Seribu akhir pekan lalu.

Lho apa sih maksud Arbain? Ia sedang bercerita tentang kemampuan Samsung NX300 untuk otomatis mengirimkan hasil jepretan ke tablet atau smartphone via Wi-Fi. Beberapa tahun lalu, saat memotret demo, film di kameranya disita pihak berwewenang. Ia kehilangan semua hasil bidikannya saat itu.

Nah andai saat itu ia mengggunakan NX300, begitu dipotret, hasil bidikan Arbain otomatis terkirim ke perangkat Wi-Fi yang sudah ditentukannya. Ia tak perlu menekan tombol apa pun. Cukup aktifkan Wi-Fi, lalu aktifkan fitur AutoShare. Usai dipotret, foto langsung dikirim ke notebook misalnya, kendati perangkat itu tersimpan dalam ransel. Berjarak 20meter pun tak mengapa.

Ya, itulah kemampuan Wi-Fi terbaru pada kamera compact system mirrorless Samsung NX300 yang bertampilan retro tapi gaya. Jika ingin berbagi foto secara aman via Wi-Fi, kamu juga bisa menekan tombol Direct-Link di panel atas. Maka hasil bidikan kamera langsung terkirim ke  kamera lain, smartphone atau tablet. Jika instal aplikasi Samsung Smart Camera (tersedia di Play Store atau Apple Store) sudah di-instal, kamu tidak hanya bisa berbagi foto, tetapi juga mem-backup dan menyunting foto di jejaring sosial.

Fitur unggulan lain pada NX300 adalah kecepatan. Untuk meyakinkan konsumen, Samsung pun menunjuk pelari Usain Bolt yang sudah enam kali menggondol medali mas Olimpiade sebagai maskot kamera dengan sensor APS-C CMOS 20,3 megapikselnya.

samsung nx300-1“Shutter speed-nya 1/6000 detik, sangat mumpuni untuk menangkap kecepatan. Kecepatan otofokusnya sangat meningkat dengan Hybrid Auto Focus. Ini gabungan phase detection dan contrast AF yang membuatnya mampu menangkap adegan-adegan gerakan cepat, seperti anak-anak dan hewan,” jelas Hadi Surya (Digital Imaging Product Specialist, PT Samsung Electronics Indonesia). Untuk burst shot, NX300 mendukung sampai kecepatan 8,6fps.

samsung nx300 3d lensKamera yang dinobatkan sebagai Best CSC (compact system camera) Advanced oleh TIPA (The Technical Image Press Association) 2013 ini juga dilengkapi sistem satu-lensa 3D Samsung 45mm f/1.8 (2D/3D) pertama di dunia. Lensa ini mampu menangkap gambar diam (foto) maupun video 30fps dengan Full HD 1080p berkualitas 3D. Untuk menukar dari modus 2D ke 3D, kamu tidak perlu menukar lensa. Aktifkan saja mode 3D pada kamera berdimensi 12,2×6,37×4,07 cm tersebut.

Apa lagi ya keistimewaan NX300? “User interface-nya hybrid, bisa sentuh layar dan tekan tombol secara bersamaan,” terang Hadi. Layar sentuh pada NX300 bersifat AMOLED dengan ukuran 3,31” (8,4cm). Layar ini bisa dikeluarkan dari badan dan dimiringkan untuk membantu mengambil momen-momen di ruang sempit atau situasi sulit.

Untuk kamera mirrorless-nya ini, Samsung sudah menyediakan 12 lensa, termasuk yang berwarna putih dan satu lensa 3D yang opsional. Mau memiliki Samsung NX300? Siapkan dana Rp 8 juta. Mau lensa 3D-nya juga? Tambahkan dana Rp 4,5 juta lagi. Samsung NX300 tersedia dalam tiga pilihan warna badan: hitam, putih dan coklat.  Ia datang dengan baterai kemasan BP1130 berkapasitas 1130mAh.

Share