BBM Akan Tersedia di Android dan iOS

bbm

JAKARTA, RABU – Setelah cukup lama bertahan di BlackBerry OS, mulai musim ini BlackBerry Messenger (BBM) akan segera tersedia di platform Apple iOS dan Google Android.

Hal ini diungkap langsung oleh CEO Blackberry, Thorsten Heins, di sela-sela konferensi BlackBerry Live di Orlando, Amerika Serikat yang berlangsung 14 sampai 16 Mei 2013. Salah satu alasan Blackberry membuka BBM ke platform lain adalah supaya fitur yang dimiliki aplikasi chatting a la Blackberry ini kian bisa meluas ke platform lain, termasuk menjaring pengguna baru. “BBM selalu menjadi layanan menarik bagi pengguna piranti BlackBerry, sekaligus memungkinkan mereka untuk terhubung dengan mudah tapi tetap mempertahankan tingkat privasi. Dan kami sangat gembira menawarkan hal ini ke pengguna iOS dan Android untuk bergabung bersama komunitas BBM,” kata Andrew Bocking (Executive Vice President, Software Product Management and Ecosystem, BlackBerry)

Menurut informasi yang didapat dari Blog Blackberry, versi baru BBM multiplatform untuk pengguna iOS dan Android ini rencananya baru akan memiliki empat fitur utama, yaitu:

  1. Fasilitas Live Chat
  2. Fasilitas Chat ke pengguna jamak (multi-person)
  3. Fasilitas berbagi catatan suara (voice note)
  4. Fasilitas chatting grup hingga ke 30 orang, termasuk berbagi kalender, foto, file dan lain-lain.

Banyak kalangan yang menilai langkah BlackBerry ini sebagai “jalan penuh resiko”. Larry Magid dari Forbes mengatakan bahwa dengan hadirnya BBM di platform lain maka pengguna bisa mengacuhkan perangkat handset BlackBerry itu sendiri dan beralih ke iPhone atau perangkat Android. Ini akan berpengaruh besar di negara-negara di mana BlackBerry memiliki pasar yang kuat seperti Inggris, Indonesia dan negara lain. Kendati memiliki resiko, Larry juga menilai langkah ini sebagai langkah positif untuk lebih membuat BlackBerry lebih populer.

Share