Hadir di Indonesia, Smartphone OPPO Sajikan Layar Full HD 5 Inci

oppo2r

ki-ka: Jet Lee – CEO PT. OPPO Indonesia Electronics, Sandra Dewi, Nicholas Saputra dan Ivan Lau – Brand Director PT. OPPO Indonesia Electronics dalam peluncuran smartphone OPPO Find 5 di Jakarta (17/4/2013)

JAKARTA, KAMIS – Nama smartphone ini mungkin agak asing di telinga kebanyakan kita. Bagi orang Jawa, nama ponsel asal daratan Cina ini bahkan menimbulkan tanda tanya. Lha artinya sendiri kan “apa”?  OPPO, tutur Jet Lee (CEO, PT Indonesia OPPO Electronics), untuk kawasan Asia berarti opportunity alias peluang.

oppo flash mobDii Jakarta kemarin sore (17/4/2013), peluncuran smartphone OPPO Find 5 dibuka dengan flash mob yang ditarikan oleh jajaran direksi OPPO Indonesia, termasuk Jet Lee, Ivan Lau (Brand Director, PT Indonesia OPPO Electronics) dan Effendy (Assistant CEO, PT Indonesia OPPO Electronics), dan para karyawannya, serta artis Sandra Dewi. Meriah dan bersemangat, yang menurut Ivan Lau, merupakan spirit OPPO yang para karyawannya berusia muda, seperti juga usia perusahaannya.

oppo find5aMau tahu apa saja keunikan smartphone ber-OS Android 4.1 (Jelly Bean) itu? “Semua produk OPPO desainnya artistik dan solid,” kata Effendy tentang smartphone dengan prosesor quad-core SnapDragon S4 Pro itu di awal presentasinya. “Layarnya yang pertama Full HD di dunia, sehingga gambar sangat jelas dan detil. Berukuran 5”, 1920×1080 440PPI. Layar terbaik di dunia,” kata Effendy bangga. Foto burung, jelasnya, akan terlihat lebih halus bulunya. Demikian juga gambar tangan bayi.”Bisa sangat nyata,” kata Effendy.

Kehalusan dan detil tampilan itu, kata Effendy, berkat dukungan teknologi OGS. “Gabungan dari protective glass dan protective layer. Jadi layarnya bisa lebih tipis 20% dan peningkatan transmisi 10%,” terangnya.

oppo find5 kameraFind 5 yang berbobot 165 gram ini, tegas Effendy, merupakan smartphone pertama di dunia dengan kamera depan 5 megapiksel. Sementara itu kamera belakangnya mengusung resolusi 13 megapiksel. “Foto bisa ditampilkan dengan baik di layar 50”,” kata Effendy tentang fitur kamera yang didukung sensor stacked CMOS Exmor RS.

Fitur istimewa lain terkait kamera adalah HDR. “Ini yang pertama dengan hardware yang mendukung HDR. Bisa ambil foto orang dengan posisi matahari di belakanya. Wajah orang tersebut tidak akan terlihat gelap,” kata Effendy tentang fitur HDR yang berlaku untuk rekaman video dan live view. “Ini juga yang pertama yang mampu merekam video dalam 120fps,” tambahnya lagi.

Fasilitas yang juga ditonjolkan Effendy adalah dukungan teknologi NFC (near field communication). “Ada teknologi NFC Scene Tag. Ketika scene tag ditempelkan ke tag, maka ponsel otomatis dalam posisi sleep mode,” jelas Effendy.  Dengan NFC, proses pairing ke perangkat lain berteknologi Bluetooth pun berlangsung lebih cepat “0,1 detik, 50x lebih cepat dibandingkan Bluetooth,” terang Effendy.

Satu fitur lain yang digaribawahi Effendy adalah Wi-Fi display untuk mentransfer foto hasil bidikan ke layar yang lebih lebar seperti TV dan proyektor secara nirkabel. “Jika tidak Wi-Fi di TV, tersedia F-Box dari OPPO,” jelasnya.

Find 5 yang berdimensi 14,18×6,88×0,886 cm ini ditenagai prosesor quad-core Qualcomm SnapDragon S4 Pro APQ8064 1,5GHz dengan GPU Adreno 320, RAM 2GB dan ROM 16GB. Ia mengemaskan fitur nirkabel Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.0 dan NFC, dengan dukungan efek suara Dirac HD Sound dan Dolby Sound. Sebagai catu daya, terpasang baterai 2500mAh.

Lalu berapa ya harganya? OPPO Find 5, kata Effendy, dibandrol Rp 5,499 juta. O ya, selain Find 5, nantinya OPPO akan memasarkan dua tipe lain, yakni Find Way dan Find Piano di tanah air.

Sebagai tambahan info, OPPO Electronics Corp., Ltd yang merupakan induk dari Indonesia OPPO Electronics adalah manufaktur elektronik dengan markas besar Di Dongguan, Guangdong, Cina. Perusahaan ini memproduksi ponsel,  MP3 player, portable media player, LCD TV, e-book reader, dan DVD/Blu-ray disc player. Mereka juga punya cabang di AS, yaknis OPPO Digital, Inc, yang berdiri tahun 2004. Arena ponsel sendiri baru digeluti OPPO sejak tahun 2008. Salah satu pengguna smartphone OPPO adalah Leonardo DiCaprio.

Share