Zyrex OnePad SM746 (Tablet)

Pendatang Baru yang Trendi

u4-429-ZyrexDi saat pemain lain giat merilis rangkaian produk komuter tablet dengan hardware baru, Zyrex justru hanya memperluas variasi produknya. Jika sebelumnya lebih banyak menghadirkan komputer tablet berukuran layar 10,1˝, kini Zyrex juga merilis model 7˝ untuk menjawab kebutuhan konsumen yang mendambakan komputer tablet dalam dimensi lebih kecil.

Lewat seri OnePad SM746 inilah Zyrex mencoba masuk ke pasar komputer tablet yang banyak digemari. Selain desain yang lebih enak digenggam dan juga pas di saku, harga yang terjangkau menjadi salah satu faktor penarik. Namun, kehadiran produk berbobot 304gr ini agaknya tak menawarkan sesuatu yang unik. Keunggulannya hanyalah sistem operasi yang cukup update (Android 4.0.4) dan juga prosesor baru kelas terjangkau.

Zyrex agaknya menekankan harga kompetitif sehingga tidak memakai hardware terbaru untuk mencegah naiknya harga. Zyrex juga memperhatikan konsumen di Indonesia yang menyukai hal-hal trendi. Tak heran bila Zyrex memanfaatkan grup Cherry Belle untuk mempromosikan produknya ini, salah satunya via cover boks komputer tablet ini. Yang masih berjiwa muda tentu tahu girl band ini kan?

Dari sisi tampilan, tampaknya tidak ada yang menarik di Zyrex OnePad SM746 ini. Namun, PCplus menyukai kontur bodi belakangnya yang terlihat berbeda. Produk ini pun tergolong ringan dibandingkan beberapa produk sejenis yang PCplus coba. Selain itu, komputer tablet dengan kamera 5MP (depan) dan  0,3MP (belakang) ini hanya mengandalkan dukungan Wi-Fi. Koneksi ke jaringan 3G bisa dilakukan dengan memakai modem eksternal.

Berbekal prosesor single core 1GHz (AllWinner A13 1GHz) dan memori utama DDR3 berkapasitas 512MB, kinerja produk ini terlihat biasa saja. Spesifikasi ini hampir sama dengan SpeedUp Pad Slim Ice S5 yang pernah PCplus coba. Tidak mengherankan jika skor pengujiannya pun terlihat seimbang. Zyrex OnePad SM746 hanya unggul sedikit dalam hal kamera belakang, tanpa Bluetooth dan fungsi getar. Sayangnya, kamera belakang ini tidak dilengkapi dengan flash untuk memotret di kondisi remang-remang.

Kinerja komputer tablet ini memang tergolong biasa dengan respon sistem yang terlihat lambat. Namun, kalau hanya untuk menjalankan aktivitas internet dan multimedia ringan, ia sudah mencukupi.

Menurut PCplus, OnePad SM746 lebih ditujukan sebagai produk untuk perluasan portofolio Zyrex. Meskipun begitu, produk ini sesuai buat kamu yang mencari komputer tablet sederhana dan ringan untuk aktivitas browsing sehari-hari.
(nic)

 

Hasil Uji

Quadrant Advanced 2.1
Total 2178
Linpack Android
Single Thread 14,21 MFLOPS
Multi Thread 13,68 MFLOPS
Smartbench 2012
Productivity 474
Games 1485
NenaMark2
Skor 26,2 fps

 

 

Selain tombol kontrol volume  berupa fisik, dimunculkan juga ikon pengatur besaran volume ini pada panel layar.

Selain tombol kontrol volume
berupa fisik, dimunculkan juga ikon pengatur besaran volume ini pada panel layar.

 

Slot kartu microSD sayangnya diletakkan terlalu ke dalam karena berada pada cekungan komputer tablet.

Slot kartu microSD
sayangnya diletakkan terlalu ke dalam karena berada pada cekungan komputer tablet.

 

Spesifikasi

Prosesor AllWinner A13 1GHz (ARM Cortex A8)
Memori Utama 512MB
Kartu Grafis Mali-400MP
Media Simpan Internal 2GB NAND Flash
Jaringan Selular -
Wireless 802.11b/g/n, A-GPS
Koneksi Lain Micro USB, microSD, 3,5mm audio jack
Kamera Depan 0,3MP, belakang 5MP
Layar 7˝ 480×800 piksel capacitive touchscreen
Dimensi 18,3 x 12,2 x 1,1 cm
Bobot 304gr
Situs web http://www.zyrex.com