Review Tablet Smartfren AndroMax Tab 7.0

Para pelanggan Smartfren biasanya Memanfaatkan layanan internet melalui ponsel CDMA atau modem yang dihubungkan ke komputer. Namun, sebagian pelanggan yang lebih menyukai tablet terpaksa memakai tablet dari vendor lain untuk memanfaatkan layanan Smartfren ini mengingat awalnya Smartfren hanya menyediakan perangkat smartphone. Gap ini pun dijawab Smartfren dengan menghadirkan tablet yang membawa brand mereka sendiri: AndroMax Tab 7.0 yang kemunculannya sedikit agak lambat demi mendapat update sistem terbaru dari Google.

u5-423-SmartfrenPada tablet perdana Smartfren dengan ukuran layar 7˝ ini sudah ditanamkan modem teknologi CDMA EVDO Rev.A sehingga pemakai cukup memasukkan kartu SIM Smartfren di slot yang tersedia. Namun, tablet yang aslinya merupakan produk HiSense S7 ini belum bisa melakukan panggilan suara mengingat kehadirannya lebih difokuskan untuk mengakses internet (data) dan tetap dimungkinkan berkirim SMS.

Fisik tablet yang cukup ramping (tebal 1cm) dengan punggung bertekstur membuatnya enak digenggam. Layar kapasitif  dihadirkan dalam resolusi 1024×600 piksel yang sudah nyaman terlihat meskipun sudut pandangnya kurang lebar. Smartfren AndroMax Tab 7.0 ditenagai prosesor Rockchip kecepatan 1GHz (Cortex ARM A8 single core) plus memori utama 1GB yang membuatnya mampu menjalankan game HD. Sederet fasilitas standar macam kamera depan dan belakang, koneksi Bluetooth, media penyimpanan internal 4GB, dan dukungan khas tablet sudah terbilang mencukupi untuk kelasnya.

Untuk menarik konsumen, operator sudah menyiapkan fasilitas bonus data 2GB untuk isi ulang minimal 50 ribu rupiah yang berlaku untuk 30 hari. Pelanggan juga bebas memilih paket internet yang disediakan Smartfren. Lewat aplikasi/widget bawaan Smartfren Customer Info, pelanggan pun jadi mudah mengetahui status/kredit nomor Smartfren yang mereka gunakan. Dengan spesifikasi dan fitur yang lumayan menarik ini, pihak Smartfren berani  mentargetkan penjualan sampai 800 ribu unit sampai akhir tahun. Target yang masih rasional mengingat pilihan untuk jalur CDMA masih terbatas.

Untuk keperluan internet dan aktivitas ringan rasanya Smartfren AndroMax Tab 7.0 tak mengecewakan meski responnya pada game HD kurang mulus. Kartu grafis Vivante GC800 yang diusungnya memang kurang bertenaga. Rata-rata sebenarnya sudah memuaskan untuk tablet di kisaran harga 1,4 juta rupiah, namun PCplus mencatat kekurangan pada daya baterai lithium-ion polymer 3000mAh yang lekas terkuras sehingga merepotkan kalau sering dipakai di luar ruangan.

Untuk kamu yang kerap membutuhkan layanan CDMA Smartfren untuk fungsi internet PCplus rasa produk Smartfren AndroMax Tab 7.0 sudah menyenangkan. Ada baiknya membawa bank baterai saat berada di luar agar aktivitas dengan tablet bisa lebih lama.
(nic)

 

Hasil Uji

Linpack Android
Single Thread 15,89 MFLOPS
Smartbench 2012
Productivity 451
Games 1065
NenaMark2 20,3 fps

 

Spesifikasi

Prosesor Rockchip 29xx 1GHz (ARM Cortex A8)
Memori Utama 1GB
Kartu Grafis Vivante GC800
Media Simpan Internal 4GB NAND Flash
Jaringan Selular CDMA EVDO Rev.A (data saja)
Wireless 802.11b/g/n, GPS
Koneksi Lain Micro-USB, mini-HDMI, microSD
Kamera Depan 0,3 mega piksel, belakang 2 mega piksel
Layar 7˝ 1024×600 piksel capacitive touchscreen
Sistem Operasi Android 4.0.3
Dimensi 19,8 x 12,5 x 1,1 cm
Bobot 370gr
Situs web www.smartfren.com
Garansi 1 Tahun
Harga* Rp. 1.488.000,- (bonus volume data 2GB)

*Ada Telecom (021) 79192880 

Jika tablet hang atau bermasalah dengan sistemnya maka tindakan reset bisa dilakukan dengan mencolok lubang ini dengan jarum atau klip kertas.

Jika tablet hang atau bermasalah dengan sistemnya maka tindakan reset bisa dilakukan dengan mencolok lubang ini dengan jarum atau klip kertas.

 

Rangkaian slot I/O meliputi kartu microSD, RUIM, mini-HDMI, dan Micro-USB. Dua slot pertama memiliki cover penutup yang membuatnya terlihat rapi.

Rangkaian slot I/O meliputi kartu microSD, RUIM, mini-HDMI, dan Micro-USB. Dua slot pertama memiliki cover penutup yang membuatnya terlihat rapi.

 

 

 

 

 

 

+ Desain nyaman, sistem baru, harga dan paket internet terjangkau.

- Kinerja pada game HD dan daya baterai kurang.

 

Rating   7,9

 

Foto : Alphons Mardjono

Share