Review Tablet Ainol Novo 7 Flame

Tablet 7˝ dengan beragam fasilitas banyak beredar di pasaran. Harganya pun bervariasi, dari mulai 1 jutaan sampai di atas 3 juta. Nah, yang datang ke dapur uji PCplus kali ini ada di rentang harga 1,5 juta sampai 1,7 juta. Namanya Ainol Novo 7 Flame dan dibuat oleh pabrikan asal Cina yang sebelumnya banyak menggelontorkan produk serupa di kelas 7˝.

u4-423-AinolNovo 7 Flame sendiri termasuk generasi anyar yang baru saja diperkenalkan Ainol. Sebelumnya pabrikan  ini banyak mendulang sukses di seri produk lainnya seperti Ainol Novo 7 Aurora dan Ainol Novo 7 Elf. Seri Flame ini termasuk produk yang menyasar pengguna yang suka bermain game atau yang suka memanfaatkan tablet untuk pekerjaan hariannya.

Kenapa PCplus bilang produk ini menyasar para pemain game? Spesifikasinya yang pertama kali mengatakan itu. Ya, Ainol Novo 7 Flame berbekal prosesor dual core dari AMLogic. Kecepatan prosesornya 1,5GHz serta punya arsitektur Cortex A9 dan memori utama 1GB bertipe DDR3. Grafisnya sendiri ditangani oleh “prosesor” Mali-400 MP yang juga dual core. Dari keseluruhan spesifikasi ini, jelas “si api” dibuat untuk melayani para pemain game.

Kalau dilihat dari depan, desain dan bentuk badan Ainol Novo 7 Flame mirip Samsung Galaxy Tab 2, koreksi PCplus jika salah. Tidak ada tombol apapun di bagian layarnya yang sekaligus mencirikan perangkat Android Ice Cream Sandwich yang memang sudah menyediakan tombol virtual. Hanya ada tombol Power, Volume, dan Home di bagian atas. Sementara, di samping kamu akan menemukan port Micro-USB, mini-HDMI, slot kartu SD, jack audio, dan jack power untuk menghubungkan peranti Ainol ini ke listrik.

Soal kinerja jelas jangan disangsikan. Dari hasil coba-coba PCplus terhadap 3 aplikasi pengukur kinerja, Ainol Novo 7 Flame bisa dibilang sebagai tablet yang punya kinerja baik. Hampir semua pengujian 3D atau yang berhubungan dengan prosesor bisa diselesaikannya dengan skor di atas rata-rata. Begitu pun dengan pengujian nyata lewat bantuan game Asphalt 7 Heat. PCplus hampir tidak menemukan lag, sensor gravitasi 3 axis-nya pun responsif membaca gerakan tablet untuk mengendalikan permainan.

Sayang, fasilitas seperti koneksi 3G atau GSM tidak tersedia di perangkat ini. Itu berarti untuk koneksi internet kamu harus mengandalkan WiFi. Untungnya, Ainol menyediakan kamera yang cukup apik. Kamera belakang punya resolusi 5 megapiksel lengkap dengan lampu flash sebagai penerang. Sementara kamera depan beresolusi 2 megapiksel, baik untuk melakukan panggilan video menggunakan Skype.

Menurut PCplus, perangkat ini cocok buat kamu yang mencari tablet untuk bermain game, kerja, atau browsing di seputaran hotspot. Untuk penyuka multimedia seperti memutar video HD atau musik, Ainol Novo 7 Flame ini juga merupakan pilihan tepat, apalagi tersedia koneksi HDMI untuk disambungkan ke layar yang lebih besar. Satu lagi, Ainol juga menjanjikan update sistem operasi Android ke Jelly Bean dalam waktu dekat.
(bsd)

 

Hasil Uji

Quadrant Advanced 2
Total 3622
Linpack Android
Single Thread 51,53 MFLOPS
Multi Thread 82,51 MFLOPS
Smartbench 2012
Productivity 2365
Games 1548
NenaMark2 32,7 fps

 

Spesifikasi

Prosesor Dual core AMLogic AML8726-M6 1,5GHz
Memori Utama 1GB
Kartu Grafis Dual core Mali-400 MP
Media Simpan Internal 16GB NAND Flash
Jaringan Selular Tidak ada
Wireless 802.11b/g/n, Bluetooth, GPS
Lain-lain Micro-USB, mini HDMI, microSD (sampai 32GB), Gravity Sensor/Acceler ometer (3 axis)
Kamera Depan 2 megapiksel, belakang 5 megapiksel
Layar 7˝ (IPS), 1280 x 800 piksel, kapasitif, 5 titik sentuh
Sistem Operasi Android Ice Cream Sandwich (4.0.4)
Dimensi 18,6 x 12,6 x 1,06 cm
Bobot 340gr
Situs web www.ainol-novo.com
Garansi 1 Tahun
Harga* Rp. 1.588.000,-

*Jakarta Notebook (021) 56985511

Desainnya cukup menarik dan simpel. Apalagi tersedia kamera 5 megapiksel lengkap dengan lampu flashnya.

Desainnya cukup menarik
dan simpel. Apalagi tersedia kamera 5 megapiksel lengkap dengan lampu flashnya.

 

 

 

 

 

 

Konektor yang disediakan Ainol Novo 7 Flame lengkap, termasuk mini-HDMI dan slot kartu SD tambahan yang mendukung kapasitas sampai 32GB.

Konektor yang disediakan
Ainol Novo 7 Flame lengkap, termasuk mini-HDMI dan slot kartu SD tambahan yang mendukung kapasitas sampai 32GB.

 

 

 

 

 

+ Kamera 5 megapiksel + flash, kinerja baik, kualitas layar baik, ada koneksi Bluetooth, ada koneksi HDMI, media simpan internal besar.

- Agak panas di belakang jika dipakai lama.

 

Rating   8,0

Foto : Brama Setyadi

Share