Review Smartphone Treq A10 Pocket

Banyaknya smartphone keluaran negeri panda kadang kala cukup membuat calon pembeli bingung. Ini makin terlihat ketika harga menjadi hal yang dipertimbangkan.Faktor pembeda yang paling terlihat antara smartphone Cina dengan yang “bermerek” untuk segmen pasar yang sama adalah pada fitur. Fitur yang biasanya ditemukan pada smartphone Cina adalah keberadaan dua buah slot SIM card, serta adanya penerima siaran televisi dan/atau radio.

Salah satunya adalah Treq. Produsen yang awalnya menelurkan produk tablet, sekarang mulai merilis smartphone. Contohnya adalah Treq A10 Pocket. Smartphone yang memiliki ukuran cukup besar ini menjadi andalan mereka. Sekilas, tampangnya mirip dengan produk dari salah satu produsen terkenal smartphone Android. Bahkan tak tanggung-tanggung, setiap detailnya dibuat serupa dengan produk “aslinya”.

Tampilan smartphone ini didominasi oleh layarnya yang berukuran 5,3˝. Sayangnya resolusinya termasuk rendah, yakni hanya 480×800 piksel. Ini mengakibatkan tampilan layar terlihat kurang tajam. Sementara itu, bagian belakangnya memiliki tekstur untuk mengurangi potensi selip ketika digunakan. Walaupun sebagian besar tampangnya menyerupai produk lain, ternyata susunan tombol pada smartphone ini terlihat berbeda. Yang menarik, pada ujung kanan bawah, kamu akan menemukan sebuah antena TV dan bukannya stylus.

Ini karena Treq A10 Pocket memiliki fasilitas TV tuner. Dengan memilih aplikasi Analog TV, kamu bisa menikmati siaran televisi. Aplikasi ini sudah diatur sedemikian rupa sehingga kamu tidak perlu repot-repot melakukan scanning sinyal televisi lagi. Selain itu, ada juga fasilitas radio FM yang sayangnya masih membutuhkan headset sebagai antena. Entah mengapa Treq tidak mendesain agar radionya juga bisa memanfaatkan antena TV yang ada.

Bagaimana dengan keberadaan dua buah slot SIM card? Salah satu ciri khas smartphone Cina ini, juga tersedia di Treq A10 Pocket. Tidak hanya slot SIM card yang ada dua, pada paket yang PCplus terima, Treq menyertakan dua buah baterai. Bonus yang cukup menarik apalagi umur baterai yang kurang lama sudah menjadi masalah umum untuk smartphone.

Dari sisi kinerja, smartphone yang ditenagai oleh prosesor berbasiskan Cortex A9 ini terlihat cukup mumpuni. Menemaninya, GPU PowerVR SGX531 dipercaya untuk menangani aktivitas grafis baik 2D maupun 3D. Duo komponen ini memiliki kemampuan untuk memutar video HD 720p dengan baik. Sayang, lagi-lagi layarnya menjadi penghambat kenikmatan menonton. Ini karena saat terjadi pergerakan cepat, ghosting di layar tak bisa dihindari. Masih ditambah keluaran dari speakernya yang kurang bagus.

Sebagai smartphone alernatif, Treq A10 Pocket cukup menarik terutama dilihat dari sisi harga. Fitur yang menarik serta performa keseluruhannya yang cukup baik sayangnya harus dinodai kualitas tampilan layarnya yang kurang menawan.
(kar)

 

Hasil Uji

Quadrant Advanced 2.0
Total 2542
Linpack Android
Single Thread 40,07 MFLOPS
Smartbench 2011
Productivity 1861
Games 2439
NenaMark2.3
Score 22,2 fps

 

Spesifikasi

Prosesor Mediatek MT6575 (Cortex A9) 1GHz
Memori Utama 512MB
Kartu Grafis PowerVR SGX531
Media Simpan Internal 4GB (yang bisa digunakan 2GB)
Wireless 802.11b/g, Bluetooth 4.0, GPS, 3G/HSDPA/EVDO
Lain-Lain Dual SIM, TV tuner
Kamera Belakang 8MP, depan VGA
Layar 5,3˝ 480×800 piksel
Sistem Operasi Android 4.1.5
Bobot 206gr
Situs web www.tablettreq.com
Garansi 1 Tahun
Harga* Rp. 1.800.000,-

Kotakom (021) 6121524

 

+ Dual SIM, Dual On, ada TV tuner analog, ada radio FM.

- Kualitas tampilan layar dan keluaran speaker kurang bagus.


Rating  
7,7


Foto: Alphons Mardjono

 

 


Share