Keren, Pemain Lokal Cross Dominasi Pasar Feature Phone

Sebagai bagian dari strategi penguasaan pasar, Cross mensponspori ajang adu bakat X-Factor. Tampak dalam gambar Marketing Director Cross Mobilephone Janto Jojo

JAKARTA, SELASA – Ternyata,  jumlah pengguna ponsel di Indonesia ketiga terbanyak di kawasan Asia Pasifik, di bawah Cina dan India. Di Asia Pasifik tercatat ada tiga miliar pengguna ponsel. Begitu lansir Shigeyasu Suenaga (Ketua Asosiasi GSM Asia Pasifik) dalam rilis persnya.

Tahun ini, menurut data lembaga riset pasar IDC Indonesia, pengiriman ponsel ke Indonesia kuartal ketiga mencapai 15,5 juta, naik 13% dibandingkan kuartal kedua, atau14% dibandingkan kuartal ketiga tahun 2011. Feature phone mengambil porsi terbesar, 13,5 juta, dan sisanya merupakan bagian smartphone. Yang membanggakan, merek lokal, Cross, mendominasi segmen feature phone.

Cross, disebut IDC sebagai “vendor ponsel lokal terbesar” di Indonesia yang terus menempel ketat Nokia dengan merilis 40 jenis ponsel berbeda. Urut-urutan tersebut tidak jauh berbeda dengan kuartal kedua 2012, yakni di posisi pertama Nokia, Cross, Samsung, Mito dan BlackBerry. Begitu pun untuk kuartal ketiga:, Nokia, Cross, Samsung, Mito dan BlackBerry.

Keberhasilan Cross menguasai pasar feature phone, kata Janto Jojo (Marketing Director Cross Mobilephone) adalah buah strategi marketing dan kualitas produk. Cross memang punya banyak seri produk yang terjangkau, termasuk smartphone Android dengan harga kurang dari Rp 1 juta, seperti A7, A8T, dan A10.  “Inilah yang membuat CROSS tumbuh dan terus mengejar vendor global,” kata Janto sambil menyebutkan angka pertumbuhan smartphone sekitar 35% untuk tahun ini.

Salah satu strategi marketing Cross adalah mensponsori ajang kompetisi adu bakat, Indonesian Idol yang ditayangkan RCTI. “Ajang tersebut sangat mendongkrak terhadap brand awareness kami,” tandas Janto. Saat ini Cross juga menjadi sponsor utama kompetisi bernyanyi untuk usia di atas 15 tahun X-Factor.


Share