PCplus 425: Data Hilang? Begini Balikinnya!

Terbit: Selasa, 20 November 2012

Kehilangan data adalah hal yang paling menjengkelkan. Apalagi kalau kehilangan data akibat salah hapus atau salah format hard disk. Tapi sebelum jengkel, ada kabar baik yang harus kamu dengar. Ya, data hilang akibat tidak sengaja terhapus bisa kok dikembalikan seperti semula. Caranya? Ada di edisi PCplus 425 ini.

Rubrik Fokus di halaman 36 dan 37 menyajikan artikel khusus untuk menyelamatkan data yang hilang. Kali ini penyelamatan data dilakukan di beragam perangkat, seperti iPhone, Android, CD, flash disk atau kartu memori sampai hard disk yang tidak sengaja kena partisi ulang. Bahasan diuraikan dengan langkah-demi langkah yang bisa kamu ikuti sesuai perangkat yang kamu punya dan ingin dikembalikan datanya.

Selain membahas tentang cara mengembalikan data yang hilang, PCplus edisi ini juga mengetengahkan uji adu hard disk eksternal paling tangguh. PCplus menguji 5 harddisk eksternal secara ekstrim. Dilindas, dijatuhkan sampai direndam ke air. Pengjian ini untuk membuktikan klaim produsen bahwa hard disk mereka benar-benar bisa diandalkan untuk segala kondisi dan medan. Tapi, siapa sih yang paling tangguh? Simak deh di halaman 10.

Ragam tutorial edisi ini hadir nggak kalah menarik. Ada teknik pintar mencadangkan (backup) data kamu ke beragam tempat secara otomatis, ada cara membuat efek foto multiexposure dengan Photoshop, akses cepat dengan Windows 8, backup MS ke akun GMail, bikin ponsel kamu jadi scanner dokumen, cara cetak SMS di Android dan banyak lagi. Semua bisa kamu simak mulai halaman 23 sampai 32.

Halaman Trik edisi ini tampil tidak kalah memukau. Dengan tema utama Memanfaatkan Wi-Fi, kamu bisa menyimak aneka tips singkat untuk koneksi nirkabel di gadget kamu. Beberapa trik yang wajib disimak, antara lain: Aplikasi bikin hotspot, Ubah PC jadi virtual hotspot, Cara bikin Wireless AdHoc di Windows 8, Trik Menemukan HotSpot WiFi terdekat, Cara menemukan pencuri koneksi hotspot, Trik Memeriksa kecepatan hotspot terdekat, Streaming dari PC ke iPhone/iPad lewat Wifi dan banyak lagi. Pokoknya kalau kamu sering terkendala dengan wifi di gadget-mu simak deh artikel di rubrik Trik edisi ini.

Dari Lab, PCplus menyajikan uji memori Apacer dan Motherboard Asus P8Z77-I Deluxe. Ada juga uji tablet Ainol Novo 7 Crystal, Smartphone Imo S88 Discovery, LG Optimus 4X HD, Epson L350 dan ViewSonicVX2460H-LED. Mungkin salah satunya lagi kamu incar untuk dipakai di rumah? Nah intip deh mulai halaman 12.

Sepeti biasa, di tiap edisi PCplus “blusukan” ke kampus, komunitas dan pribadi inspiratif. Di kampus, PCplus bersua ke acara International Programming Contest yang diselenggarakan oleh Association for Computing Machinery. Lalu mengunjungi komunitas Overclocking Indonesia yang punya event keren seputar Overclocking. Terakhir, kita ngobrol-ngobrol deh bareng Ryota Inaba, Presiden Direktur & CEO Rakuten MNC tentang konsep weCommerce, atau membangun bisnis dengan azas kebersamaan. Keren, so pasti dong, makanya jangan ketinggalan melahap informasinya di halaman 40, 41 dan 42.

Oh ya, jangan lupa untuk melihat pemenang kuis berhadiah Flash Disk HP 8GB di halaman 47. Siapa tahu kamu yang beruntung.

Selamat membaca

Preview PCplus edisi ini juga bisa disimak di Myedisi: http://www.myedisi.com/tabloid/pcplus/375

Informasi Penjualan Tabloid PCplus:
SMS.   0811 908 680
Tel   021-530 6263
Fax. 021-536 99096
email. subscribe@cc.kompasgramedia.com


Share