Rekam dan Pause Siaran TV dengan PVR dari First Media

Punya acara kesukaan di tv kabel, tapi jam tayangnya pas jam kantor? Atau saat sedang lembur? Pasti asyik ya, kalau acara yang kita suka bisa kita tonton lagi kemudian. Nah, solusi inilah yang ditelurkan oleh First Media, Personal Video Recorder (PVR). Dengan PVR ini kamu bisa merekam setiap acara yang kamu suka. Oiya, bukan cuma rekam merekam, tapi juga bisa digunakan untuk mem-pause tv kamu, ketika tiba-tiba harus mengangkat telepon atau lainnya.

Fungsi rekaman, bisa kamu atur apakah akan berbasis program atau kamu tentukan sendiri pada jam berapa waktu perekaman dimulai. Kelemahannya adalah ketika si program acara tiba-tiba dipindahkan jam tayangnya oleh saluran bersangkutan. “Untuk mengatasi itu nantinya kita akan sediakan fungsi pelacakan,” terang Rony Ardhitia, Deputy Director Technology & Strategic Business Development LinkNet. Fungsi pelacakan ini adalah untuk menemukan perpindahan program yang sudah di “booking” untuk direkam. Sementara untuk fungsi mem-pause siaran, bisa dilakukan dengan rentang waktu 2 jam. Ketika siaran di-pause lebih dari dua jam, maka siaran di awal rekaman sdikit-sedikit akan terhapus. Kedepannya, First Media juga akan menyediakan layanan remote schedulling, sehingga kamu bisa menjadwalkan rekaman program kesayangan lewat internet. Lainnya, adalah fungsi linking dimana kamu bisa merekam serial yang sama terus menerus tanpa harus menyeting waktu rekaman satu persatu.

PVR ini disediakan First Media dalam box terpisah dilengkapi dengan sebuah hardisk 500GB. File yang tersimpan di hardisk ini telah dienkripsi sehingga file rekaman tak bisa dimainkan di media lain. Selain itu, hardisk yang digunakan untuk merekam pun mesti hardisk bawaan, tak bisa diganti dengan hardisk yang kita punya. Ini semua dilakukan untuk menjaga keamanan dan hak cipta dari siaran yang telah direkam, tambah Rony. Hardisk sebesar 500GB ini menurut Rony sanggup merekam sekitar 150 jam tayangan HD. Angka ini datang dari estimasi rekaman HD perjam yang menyita sekitar 7GB, seperti dijelaskan Ng Thian Khoon, Division Head Product Development LinkNet. Untuk fungsi pause diatas, Rony menjelaskan bahwa tayangan yang di pause itu sebenarnya direkam dalam hardisk. Hanya saja jatah pause dibatasi untuk menghabiskan ruang 2GB saja di dalam hardisk.

Bagi kamu yang sudah berlangganan First Media dan ingin menikmati PVR, maka kamu perlu mengganti boxmu. Hanya saja, Fransisca Kallista Arnan, GM Marketing LinkNet belum mau buka kartu soal harga berlangganannya. Sayangnya, saat ini penikmat fasilitas PVR ini baru disediakan eksklusif bagi penghuni The Dharmawangsa Residence. Fasilitas ini baru akan dibuka untuk umum sekitar bulan Agustus2012.


Share