Hati-hati, Tipuan Software Gratis Converter Video ke MP3

Hati-hati dengan peringatan software converter seperti ini

Hati-hati loh ketika kamu sedang mencari converter untuk menambah koleksi MP3 gratisan. Sebab, ESET menengarai bahwa baru-baru ini mulai bermunculan situs-situs yang menawarkan software converter yang ternyata adalah scammer. Scammer adalah salah satu jenis penipuan di dunia maya dengan cara menyebarkan berita bohong, baik melalui email, dan sekarang lewat mesin pencari.

Converter yang dimaksud adalah software yang digunakan untuk mengubah file video menjadi Mp3. Software scam ini biasanya mengiming-imingi korban dengan tawaran download gratis. Tapi, ini hanyalah trik agar kamu mau digiring oleh mereka ke situs abal-abal. Di situs itu, bukan converter yang kamu dapat, melainkan malware. Situs web palsu ini menurut ESET biasanya menyamar sebagai web dengan traffic tinggi di internet, maka ia akan muncul di halaman awal mesin pencari. Setelah kamu masuk di dalamnya, kamu akan diajak berputar-putar dalam pengisian survey yang berhadiah kupon belanja ratusan dolar.

Oiya, saat nama situs palsu ini muncul di mesin pencari, link hasil pencarian yang merujuk langsung ke video YouTube yang berisi petunjuk tentang cara untuk mengkonversi video menjadi mp3. Tapi,saat di klik, yang muncul hanya screenshot dari video tersebut. Dari sana kamu diarahkan untuk masuk ke situs tertentu. Kemudian muncul tawaran pengisian survey berhadiah kupon belanja ratusan dolar. Selesai mengikuti survey, mucul tombol “download” file. Tapi, yang muncul malah notifikasi bahwa kita bisa mendapatkan kupon belanja dengan nilai yang lebih besar lagi yaitu “$1000”. Nah, dari sini setiap kita selesai mengklik continue, maka akan muncul tawaran-tawaran baru, dan form data pribadi yang harus diisi.  Hingga akhirnya, converter pun tak kita dapat.

Alhasil, sekian banyak klik yang kita lakukan di situs si scammer, malah mempertinggi trafik situs si scammer itu. “Setelah mendapatkan informasi rangking situs tertinggi dari BlackHat SEO (BHSEO), selanjutnya setiap klik dari user, akan memberikan keuntungan finansial yang masuk ke kantong scammer. Meskipun user tidak mendapatkan  “free premium .mp3 player” (yang sarat mengandung malware) tetapi traffic ribuan pengunjung yg masuk ke situs scam pasti akan menghasilkan keuntungan,” jelas Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT. Prosperita-Mitra Indonesia. Nah, jadi berhati-hatilah ketika kamu sedang  mencari software-software gratisan ya.

 

 


Share