Makin Banyak dan Beragam, Produk Taiwan yang Masuk Indonesia

ki-ka: William dari Merida, Lukas dari Microlife,Tony Lin dari TAITRA, Cathy Sharon sebagai Taiwan Excellence Celebrity Endorser,. Charles C. Li- dari TETO,. Y. C. Tsai dari TETO, dan Jason Lim dari Acer berfoto bersama setelah acara jumpa pers kampanye Taiwan Excellence 2012 di Jakarta.

JAKARTA, RABU – Genap sudah tiga tahun program Taiwan Excellence dikampanyekan di Indonesia. Kampanye ini mengusung merek-merek Taiwan yang andal, inovatif dan terjangkau bagi konsumen Indonesia.

Di tahun ke-3 ini, makin banyak merek Taiwan yang akan ‘dibesarkan’ namanya oleh Bureau of Foreign Trade (BOFT), Ministry of Economic Affairs (MOEA) Taiwan dan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) di tanah air kita. “Tahun 2011 ada 30 merek. Tahun ini jumlahnya menjadi 40 merek,” kata Tony Lin (Direktur, TAITRA Jakarta) dalam jumpa pers di Jakarta kemarin siang (5/6/2012).

Pasti kenal dengan merek-merek ini kan? Acer, AData, Asus, Aver, AverMedia, BenQ, Cooler Master, D-Link, EDIMAX, Enermax, Genius, Gigabyte, MSI, Optoma, PQI, Silicon Power, Thermaltake dan Transcend. Semuanya berasal dari Taiwan, tapi mungkin kamu tidak menyadarinya. Yang belum kamu kenal bisa jadi adalah In Win yang memproduksi casing dan power supply; Just Mobile yang memproduksi charger portabel dan pensil berkepala heksagonal, dan PX yang memproduksi switcher/splitter, video coverter dan antena omni-directional untuk TV digital. Nah semua merek itu termasuk dalam kampanye Taiwan Excellence 2012 di Indonesia.

Nah tahun ini tak hanya produk TI yang dikampanyekan. Ada juga produk nonTI, tepatnya produk yang terkait dengan kesehatan dan rumah tangga. “Produk-produk home & leisure Taiwan bergabung dalam kampanye tahun ini,” kata Perwakilan Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Indonesia Charles C. Li.

“Hubungan dagang Indonesia dengan Taiwan makin kuat. Taiwan merupakan mitra bisnis terbesar ke-11 bagi Indonesia. Tahun lalu investasi Taiwan ke Indonesia mencapai US$ 5,1 juta, atau meningkat 120% dari tahun sebelumnya. Investasi ini telah menciptakan sekitar satu juta lapangan kerja baru di Indonesia,” ungkap Li. “Indonesia juga merupakan kontributor terbesar dari kawasan Asia Tenggara bagi pariwisata Taiwan,” tambahnya.

Salah satu produk kesehatan Taiwan yang dikampanyekan tahun ini adalah Microlife. Produknya meliputi pengukur tekanan darah (tensimeter), termometer, heating pad, dan nebulizer untuk penderita asma. “Kami sudah ada di Indonesia 12 tahun,” kata Lukas yang menjabat sebagai presiden direktur. “Markas besar kami ada di Taiwan, tapi untuk pengembangan merek berpusat di Switzerland, dan untuk operasi branding di AS,” jelasnya.

tensmeter Microlife BP A200 AFIB

Menurut Lukas, Microlife merupakan satu-satunya produk pengukur tekanan darah di dunia yang mampu mendeteksi orang yang punya kecenderungan stroke. “Juga satu-satunya yang punya sertifikasi AA. A pertama untuk layak di rumah sakit, dan A yang kedua untuk layak dipakai di rumah,” promosinya.

Produk non-TI lain adalah sepeda gunung dan sepeda lipat dari produsen Merida, Pacific Cycles dan Slidy Bike, motor skutik dari Sym. Untuk produk rumah tangga ada penjernih udara dari YenSun, produk penjernih air portabel dari Watotec, kabinet rak dan toolbox dari Shutter, penangkap nyamuk dari inaday’s, dan produk lampu LED dari Everlight, perangkat minum (gelas dan cangkir) dari Eilong, lampu LED, kipas angin dan TV LED dari Chimei, produk sanitizer dari Cashido, dan popok bayi dari knh.

Sepeda gunung Merida

O ya, tahun ini selebritas Cathy Sharon kembali terpilih menjadi duta kampanye Taiwan Excellence. Ini merupakan tahun ketiga Cathy sebagai Taiwan Excellence Celebrity Endorser.


Share