Review Tablet PC Advan Vandroid T6

Ini adalah penerus sukses Vandroid T1c yang laris manis di pasaran. Tapi yang datang ke Lab PCplus kali ini bukan Vandroid yang tanpa banyak perubahan. Selain ukurannya yang membesar, Vandroid T6i juga sudah memiliki prosesor berkecepatan 1GHz, lengkap dengan sistem operasi Android 4.0 (Ice Cream Sandwich).[toc]

Elegan

Biasanya, desain adalah yang pertama dipertimbangkan seorang calon pembeli tablet PC. Syarat tipis, ringan, dan tidak terkesan murahan muncul sebagai poin utama dalam keputusan membeli. Vandroid T6i punya ketebalan sekitar 0,9 cm, dan bobot total 618 gram, masi okelah untuk sebuah tablet PC yang akan sering dijinjing.

Advan sengaja mendasain produknya tanpa sudut. Lekukan badan tablet ini hampir semuanya nyaman dipegang. Material utama pembangun tablet ini adalah plastik, kebetulan PCplus mendapat warna abu-abu gelap dengan sedikit aksen metalik. Yang menarik dari warna ini adalah tidak mudah kotor ketika sering dipegang. Jika ada baret tipis pun masih tersamarkan dengan warna gelapnya. Tapi ketika diketuk, suaranya akan langsung menunjukkan material kulit T6i.

Kalau dilihat dari depan, Vandroid T6i mirip iPad, hanya tanpa tombol “Home” yang memang menjadi ciri khas produk besutan Apple itu. Tombol home, menu dan back diserahkan ke sistem operasi Ice Cream Sandwich yang memang mengedepankan model virtual ketimbang tombol fisik. PCplus cume menemukan 3 tombol di sisi perangkat ini, satu untuk menghidup matikan perangkat (power) dan dua lainnya untuk menaik-turunkan volume suara.

Konektor Fisik

Selain 3 tombol, perangkat ini juga menyediakan 3 port untuk dihubungkan ke asesoris atau perangkat lain, mereka adalah Mini USB port, mini HDMI, dan jack 3,5 inci untuk asesoris audio. Dari hasil coba-coba PCplus, Mini USB yang ada di perangkat ini bisa dihubungkan ke flasdisk atau harddisk ekternal dengan bantuan kabel konverter dari Mini USB ke USB standar.

Dari rilis yang diberikan Advan disebut bahwa T6i juga bisa dihubungkan dengan modem 3G merek Advan DT8T. Karena PCplus tidak memiliki modem jenis itu maka fungsi 3G modem tidak berhasil dicoba. Selain harddisk dan modem, port USB ini juga bisa dihubungkan dengan keyboard USB biasa. Dengan bantuan kabel konverter mini HDMI (type C) to HDMI (type A), display di Vandroid T6i bisa kamu salurkan ke televisi layar besar dengan resolusi sampai 1080p (Full HD).

Layar

Layar besar di tablet PC wajib hukumnya untuk bisa menampilkan warna yang cerah. Itulah mengapa Advan menambahkan teknologi In-Plane Switching seperti yang sering ditemukan di layar LCD masa kini. Hasilnya pun terbilang baik, apalagi ketika perangkat ini diajak untuk memutar video resolusi tinggi atau sekadar melihat-lihat foto.

Layar 9,7 inci berteknologi kapasitif di Vandroid T6i bisa merespon sampai 6 titik sentuhan jari. Respon terhadap sentuhan spontan juga bisa ditangani dengan baik olehnya, terutama saat dipakai untuk bermain game atau bernavigasi di internet.

Fasilitas lain

Sebagai sebuah tablet untuk bermain game atau kerja sederhana, fasilitas yang ada di Vandroid seri ini terbilang cukup. Ada koneksi WIFI dengan standar B/G/N, sensor accelerometer, slot kartu memori micro SD yang bisa mendukung sampai kapasitas 32GB, kamera depan beresolusi VGA (800×600 piksel), mikropon, dan tentu saja speaker yang diletakkan di salah satu sisi samping perangkat. Kalau butuh melakukan reset perangkat, Advan juga menyediakan tombol reset yang bisa diakses menggunakan pin atau jarum kecil.

Oh ya, kamera di sisi depan selain bisa kamu manfaatkan untuk berfoto bisa juga dijadikan pelengkap keamanan perangkat bersamaan dengan fasilitas face detection yang dimiliki Android. Kalau memasang aplikasi macam Skype, kamera ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan video call.

Spesifikasi

Prosesor ARM Cortex A8 1GHz
RAM DDR3 1GB
Chip grafis GC800
Jaringan selular Tidak ada
Internal storage 16GB NAND Flash
Wireless WiFi (802.11 b/g/n)
GPS Tidak ada
Koneksi lain mini USB, mini HDMI, microSD, audio jack
Kamera VGA  (depan)
Layar 9,7″ / 1024×720 pixel, Capacitive touchscreen, 5 point touch
Bobot 618 gram
Dimensi
Situs Web www.advandigital.com
Harga Rp. 2.500.000,-

 

Hasil Uji

Sebenarnya PCplus penasaran dengan kinerja dari kombinasi prosesor Cortex A8 1GHz,  kartu grafis GC800, RAM 1GHz yang ada di T6i. Kebetulan perangkat anyar ini mampir ke dapur uji PCplus, langsung saja kami cari tahu seberapa gegas perangkat ini dalam bekerja.

Ada 5 aplikasi standar uji yang biasa PCplus pakai untuk menguji perangkat Android, mereka adalah AnTuTu Benchmark, Linpak Pro, Quadrant Advanced, Nena Mark2, dan SmartBench 2012. Namun karena SmartBench  2012 belum didukung oleh Vandroid T6i, maka posisinya digantikan oleh GLBechmark. Berikut adalah hasilnya.

AnTuTu Bechmark

RAM 345
CPU Integer 494
CPU Float-Point 122
2D Graphics 119
3D Graphics 438
Total Score 1896

Linpack Pro

MFLOPS 17.339
Time 4,83 sec
Precision

Quadrant Advanced

CPU 3271
Memory 1920
I/O 2008
2D 437
3D 455
Total 1618

Nena Mark2

Default Resolution 17.4 fps

GL Benchmark 2.1.4 Community Edition

GLBenchmark 2.1 Egypt (offscreen) 14 FPS (1566)
GLBenchmark 2.1 Pro (offscreen) 25 FPS (1269)

 

Selain menggunakan software uji, kamu juga mencoba game 3D first person berjudul Blood and Glory. Menurut kami bermain game ini di Vandroid T6i masih terasa nyaman meskipun frame rate yang dihasilkan tidak begitu tinggi. File video MKV, AVI, dan MPEG dengan resolusi 720p dan 1080p pun sempat PCplus coba putar di T6i. Hasilnya masuk dalam peringkat baik, tanpa lag, serta punya kualitas gambar yang ciamik.

Kesimpulan

Buat kamu yang butuh tablet Android berlayar besar serta mampu memutar video beresolusi tinggi, Advan Vandroid T6i ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kerjaan ringan macam mengetik, beselancar di jejaring sosial atau menyunting foto/video di perangkat ini pun masih terasa nyaman dilakukan. Perangkat ini cuma lemah di game yang butuh tenaga besar saat dijalankan, selain itu game sederhana yang umum tetap bisa dinikmati tanpa masalah.

Plus: Kualitas gambar yang dihasilkan layar Vandroid untuk memutar video atau menampilkan gambar menurut kami cukup baik. Dukungan USB terhadap modem 3G, keyboard dan storage eksternal juga jadi kekuatan sendiri bagi Vandroid.

Minus: Sayang kami tidak menemukan fasilitas seperti GPS atau koneksi Bluetooth di perangkat ini. Satu-satunya pendeteksi lokasi adalah lewat jaringan Wifi. Tapi kalau kamu tidak terlalu butuh dua fitur ini maka seharusnya fasilitas bawaan Vandroid sudah cukup.

Share