Galaxy S3 Pakai Prosesor Quad Core

JAKARTA, JUMAT – Resmi diperkenalkan di Inggris Kamis kemarin (3/4), Samsung membuat banyak kejutan di produk teranyarnya, Samsung Galaxy S3. Salah satu yang  menyita perhatian adalah prosesor Cortex A9 berkecepatan 1,4GHz dengan 4 inti pemroses data (quad core).

Menurut spesifikasi detil yang dirilis oleh GSM Arena (www.gsmarena.com), prosesor quad core di Galaxy S3 ini juga disandingkan dengan prosesor grafis ARM Mali-400 untuk menghasilkan gambar ciamik di layar Super AMOLED-nya yang berukuran 4,8 inci. Tenaga lebih memang dibutuhkan perangkat ini untu menghasilkan gamabr yang cerah dan halus di resolusi layar yang mencapai 1280×720 piksel tersebut. Oh ya, seperti perangkat smartphone premium Samsung lainnya, seri ini juga mengadopsi Corning Gorilla Glass 2 supaya tidam mudah tergores.

Desain

Situs Techradar yang sudah lebih dulu melakukan hands-on terhadap Galaxy S3 mengatakan bahwa material plastik yang membungkus badan perangkat ini membuatnya terasa ringan saat digenggam. Bobot totalnya cuma berkisar di 133 gram, lumayan ringan buat perangkat berukuran 136,6 x 70,6 x 8,6mm ini. Kalau diperhatikan, tebal perangkat yang cuma 8,6 milimeter itu merupakan yang tertipis, bahkan jika dibandingkan dengan iPhone 4S sekalipun.

Desain ramping Samsung bukan berarti mengorbankan fasilitas lain. Buktinya, Samsung malah membenamkan kamera 8 megapiksel di bagian belakang perangkat ini. Sementara di depan, yang biasanya terdapat kamera beresolusi VGA, Samsung memasang kamera beresolusi 1,9 megapiksel.

Antarmuka

Samsung Galaxy S hadir dengan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich terbaru (4.0.4). Tapi, tampilan home screen ICS di sini berbeda dengan home screen standar karena Samsung sudah membenamkan tema Touchwiz yang diperbaharui. Beebrapa gesture ICS di Touchwiz ini dibuat lebih interaktif, misalkan ketiadaan icon gembok untuk membuka perangkat yang terkunci. “Modifikasi Touchwiz membuat sensasi berbeda terhadap Galaxy S3, terutama saat menggeser (swipe) menu di antarmukanya,” jelas Techradar dalam situsnya.

Baterai

Prosesor kencang dan layar besar, yang dikuatirkan dari dua ini adalah konsumsi daya yang boros sehingga daya tahan perangkat bisa jadi lebih pendek. Samsung sebenarnya sudah memikirkan dengan baik masalah ini. Salah satunya dengan membekali Galaxy S3 dengan baterai berkapasitas 2100mAH. Belum ada laporan pasti, berapa lama perangkat bisa bertahan dengan baterai ini dalam penggunaan normal.

Selain membekali dengan kapasitas baterai yang besar, Samsung juga menambahkan fitur Smart Stay di Galaxy S3. Fitur pintar ini bisa menjejak arah mata kita saat memandang layar displai untuk mengatur kecerahan layar. Saat mata tidak memandang layar Galaxy S3, maka perangkat dengan segera menurunkan cahaya di layar.

S Voice

Bersaman dengan diluncurkannya Galaxy S3,  Samsung juga memperkenalkan fitur pengenal suara terbarunya bernama S Voice. Kalau kenal fitur Siri di iPhone, maka S Voice ini mirip teknologi buatan Apple itu. Dengan S Voice ini pengguna bisa “memerintahkan” beragam hal kepada perangkat, seperti mengirim SMS, memutar lagu, memotret, dan lain-lain.

Di Inggris, Samsung Galaxy S3 dibandrol di kisaran 600 euro saat diperkenalkan kemarin. Jika dikonversi menjadi rupiah (kurs Rp. 12.000) maka smarphone canggih ini dijual di kisaran harga 7,2 juta rupiah.

Berikut tabel perbandingan fitur dan spesifikasi Samsung Galaxy S3 dengan iPhone 4S, HTC One X, dan Lumia 900.

Sumber tabel: Kompas Tekno


Share