Faktor Merek dan Harga Tentukan Pilihan Pembeli

Jakarta (PCplus-11/5) — Dari sekian banyak produk laptop dan smartphone yang membanjiri tanah air, ada beberapa produk yang kemudian menjadi favorit. Telunjuk.com memaparkan bagaimana konsumen Indonesia melakukan pencarian ponsel dan laptop dari situs mereka. Cara pencarian inilah yang kemudian bisa mengindikasikan keputusan mereka untuk membeli ponsel atau laptop, terang Hanindia Narendrata, CMO Telunjuk.com, seperti tertulis dalam rilisnya. Oiya, telunjuk.com ini adalah situs yang menyediakan layanan pencarian seputar ponsel, tablet, dan PC, berdasarkan spesifikasinya. Data ini diperoleh dari 60ribu data pertanyaan yang masuk ke Telunjuk.com, sepanjang April 2012.

Dari hasil pencarian yang dilakukan pengguna Telunjuk.com tersebut, ternyata ketika mencari ponsel, yang pertama dilirik adalah mereknya (21.2%), harga (17.9%) dan sistem operasi (11.9%). Berikut adalah tiga merek teratas yang paling dicari; Samsung (29%), Blackberry (18%) dan Sony/Sony Ericsson (15%). Sementara untuk harga,harga dibawah 2jutaan adalah yang jadi favorit. Urusan sistem operasi, didominasi oleh pengguna yang mencari handphone ber-OS android.

Nah, untuk laptop, tiga spesifikasi yang paling dicari adalah harga (23.8%), merek (20.6%) dan tipe prosesor (15.4%). Sementara itu, urutan selanjutnya adalah ukuran laptop, sistem operasi, besar memori dan ukuran harddisk. Faktor harga ternyata jadi faktor penentu terbesar untuk pencarian laptop. Berdasarkan surveynya, Telunjuk memaparkan bahwa ASUS(27%) jadi merek yang paling dicari. Disusul Acer (14%) dan Toshiba(9%). Sementara rentang harga yang paling banyak dicari adalah 1-3 juta. Sementara, untuk tipe prosesor, Intel masih sangat mendominasi tiga pencarian tertinggi secara berturut-turut Intel i5 (26.4%), Intel i3(25.6%), dan Intel i7(17.6%). Jadi, apa pilihanmu?


Share