Review Modem HSPA USB Huawei E303

Modem HSPA USB umumnya butuh proses instalasi serta setting pasca dihubungkan ke PC. Beberapa bahkan harus menggunakan aplikasi dengan media terpisah (CD) supaya bisa dioperasikan. Kalau kamu bilang itu merepotkan, maka menjatuhkan pilihan ke Huawei E303 adalah tepat.

Sekilas, modem berparas cantik yang didominasi warna putih susu ini tidak berbeda dengan kebanyakan modem HSPA lain. Tapi tunggu sampai kamu mencoba mengoperasikannya. Hampir tidak dibutuhkan instalasi apapun pasca modem disambungkan ke PC, selain waktu tunggu ketika modem dikenali oleh PC. Ya, aplikasi Huawei E303 sudah ditanam permanen ke dalam perangkat. Termasuk saat perangkat bekerja, tidak ada aplikasi yang harus diinstal pada sistem operasi.

Sistem AutoRun Windows bakal otomatis mengenali file khusus yang akan menjalankan aplikasi tertanam tadi. Lalu bagaimana mengatur koneksi perangkat ini? Sebenarnya Huawei E303 bisa melakukannya secara otomatis, namun bila operator kamu butuh setelan khusus, lakukan melalui bantuan web browser macam Firefox, Internet Explorer, Opera, atau lainnya. Cukup ketik http://hi.link di alamat browser, setelan pun bisa kamu lakukan di sana.

Di layar HiLink ini kamu bisa memantau statistik koneksi, mengirim atau memeriksa pesan singkat (SMS), melakukan penyetelan jaringan dan profil operator, serta meng-update firmware Huawei E303 secara online.

Satu-satunya kendala yang PCplus hadapi ketika menggunakannya adalah pada PC yang tidak mengaktifkan fasilitas AutoRun: kamu perlu menjalankan program HiLink secara manual. Setelahnya, modem bisa difungsikan secara normal.
(bsd)

Spesifikasi

Jaringan HSDPA/UMTS 2100MHz EDGE/GPRS/GSM 850/900/1800/1900MHz
Kecepatan Data Uplink (sampai) 5,76Mbps Downlink (sampai) 7,2Mbps
Antarmuka USB tipe A
Slot Kartu Memori MicroSD
OS yang Didukung Windows XP SP2/SP3, Vista SP1/SP2, Windows 7, Mac OS X 10.5/10.6
Situs web www.huaweidevice.co.id
Harga* Rp. 360.000 (Bundling Telkomsel 3 bln)

*Huawei Device Indonesia

+ Tanpa instalasi aplikasi, ada fitur koneksi otomatis, fasilitas HiLink lengkap, dukung perintah USSD.
- Tidak bisa memantau kecepatan dan konsumsi data tanpa browser.

Rating  8


Share