Sony DCR-PJ5, Handycam Sekaligus Proyektor

JAKARTA, JUMAT – Pernah lihat iklan televisi Handycam Sony yang selain bisa merekam juga bisa berfungsi sebagai proyektor? Yup, Sony Handycam DCR-PJ5, itulah produk camcorder teranyar Sony yang baru saja diperkenalkan di Indonesia pada akhir Agustus ini.

Ini adalah camcorder berbasis kartu memori flash. Jadi jangan berharap menemukan harddisk, cakram DVD atau kaset mini DV di dalamnya. Memori flash yang didukung DCR-PJ5 adalah Memory Stick Pro Duo, Memory Stick HG Duo, SD, SDHC dan SDXC. Makanya badannya bisa terlihat ramping dan kompak. Bobotnya juga ringan, cuma di kisaran 230 gram jika ditimbang tanpa baterai.

Menurut Satoru Arai (Presiden Direktur Sony Indonesia) dengan bentuknya yang kompak dan langsing itu membuat DCR-PJ5 bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana. “Anda bisa langsung menyaksikan hasil pengambilan gambar yang Anda lakukan dimanapun Anda berada,” jelasnya dalam rilis pers yang diterima PCplus.

Ya, salah satu fitur unik di camcorder Sony ini adalah fasilitas proyektor mini yang ada di sisi depan LCD lipatnya. Karena bisa diputar-putar sesuai arah, kita bisa dengan mudah menembakkan arah dari proyektor ini. Sony mengklaim proyektor di DCR-PJ5 bisa menghasilkan proyeksi gambar dengan lebar diagonal sampai 60 inci dalam jarak 3 meter.

Bagaimana dengan fasiltias di camcordernya? Dari informasi yang didapat, zoom optis camcorder ini mencapai 57 kali dan bisa diperpanjang hingga 67 kali dalam moda extended. Kemampuan zoom ini kemudian disandingkan dengan CCD Advanced HAD (Hole Accumulation Diode) beresolusi 800 ribu piksel. Jika mencoba mengambil foto menggunakan camcorder ini maka kamu bisa mendapatkan gambar dengan resolusi 560 ribu piksel (format 4:3). Meski punya zoom lumayan panjang, tidak perlu kuatir video yang diambil bakal berguncang hebat karena Sony sudah membekali seri ini dengan fitur SteadyShot.

Fitur dan fasilitas lain di kamera ini tidak berbeda jauh dengan camcorder Sony lain. Tersedia 18 jenis skema program pengambilan gambar yang berbede untuk segala situasi. Teknologi Face Detectionjuga tersedia untuk lebih memudahkan saat merekam obyek manusia.

Setelah mengambil video atau foto dengan kamera ini Sony masih memanjakan penggunanya dengan menyediakan fasilitas Picture Motion Browser (PMB) dan iDVDirect Express. PMB sangat berguna saat akan mengunggah video ke internet. Cukup hubungkan DCR-PJ5 ke PC lewat kabel USB dan unggah video ke internet. Sementara iDVDirect Express  bisa dihubungkan ke perangkat DVD Writer Sony VRDP1 untuk merekam video ke DVD tanpa PC. Kalau punya hard disk eksternal kamu juga bisa menyalin langsung video dari camcorder ini menggunakan fitur Direct Copy.

Kalau tertarik dengan Sony DCR-PJ5, kamu bisa meminangnya dengan harga Rp. 3.499.000 mulai Agustus ini melalui dealer-dealer resmi Sony Indonesia.

 


Share