20 Tips Hemat Energi dari APC

JAKARTA, JUMAT – Hemat energi? Mau sih, tapi susah, kan pakai komputer harus tercolok ke listrik. Kalau malam komputer juga nyala soalnya dipakai mengunduh software dan klip video. Baterai BlackBerry kan juga harus setiap hari diisi ulang via listrik. Begitu keluh seorang teman.

Benarkah pengguna komputer tidak bisa menghemat energi? Jika begitu, simak 20 tips yangdisajikan oleh pemimpin global dalam layanan critical power dan cooling terintegrasi APC by Schneider Electric untuk menyambut peringatan Hari Bumi 22 April mendatang.

1.       Matikan komputer di malam hari (pakai hanya selama 8 jam)  untuk menghemat penggunaan energi hingga 810kWh per tahun dan 67% penggunaan.

2.       Sambungkan komputer ke surge protector dengan master control outlet. Ini agar secara otomatis bisa diketahui kapan komputer tidak digunakan sehingga sambungan listrik ke komputer dan perlengkapannya bisa diputus.

3.       Belilah monitor berlayar datar yang lebih hemat energi dan juga tidak membuat mata bekerja lebih keras seperti monitor tabung (CRT).

4.       Belilah komputer yang dilengkapi Energy Star. Sebagai catatan, laptop menggunakan lebih sedikit energi dibandingkan desktop.

5.       Rencanakan penggunaan komputer sehingga semua kegiatan dapat diselesaikan dalam satu waktu, dan matikan komputer saat tidak lagi digunakan.

6.       Pertimbangkan monitor yang lebih kecil. Monitor 14“ menggunakan 40% energi lebih rendah dibandingkan monitor 17“.

7.       Aktifkan mode standby/sleep dan pengaturan penggunaan energi.

8.       Lupakan screensaver. Screensaver tidak menghemat energi kecuali jika kamu menggunakan monitor monokrom.

9.       Lihat ulang rancangan dokumen dan e-mail di layar, bukan mencetaknya.

10.   Matikan monitor saat tidak digunakan. Jangan aktifkan screensaver.

11.   Pertimbangkan printer inkjet. Kendati lebih lambat daripada printer laser, inkjet menggunakan energi lebih sedikit 80% – 90%.

12.   Belilah produk tinta berbahan dasar  tumbuhan atau non-minyak, karena produk tersebut dibuat dari sumber yang didaur ulang, membutuhkan lebih sedikit penggunaan materi berbahaya dan menghasilkan warna yang lebih terang dan jernih.

13.   Matikan printer dan semua perangkat pelengkap lainnya saat tidak dipakai.

14.   Jangan biarkan komputer tetap menyala pada malam hari atau pada akhir minggu.

15.   Pilihlah warna yang gelap sebagai latar belakang tampilan layar, karena tampilan warna terang menggunakan lebih banyak energi.

16.   Kurangi tingkat pencahayaan ruangan pada saat bekerja menggunakan komputer.

17.   Gunakan jaringan dan bagi-pakai printer apabila memungkinkan.

18.   Cetaklah dengan kertas daur ulang. Gunakan kertas yang tidak menggunakan klorin dengan 50% – 100% post-consumer waste.

19.   Cetak di dua sisi kertas.

20.   Gunakan e-mail sebagai alternatif memo dan fax.


Share