Printer Baru HP, Bisa Ngeprint Pakai Getah

HP memperkenalkan printer barunya yang bisa ngeprint pakai getah. Wah, memangnya getah bisa dipakai ngeprint ya? Dengan HP Designjet L25500 dengan teknologi Latex, hal itu tentu saja bisa dilakukan. Tidak hanya bisa ngeprint menggunakan latex, hasil cetakan bahkan bisa diaplikasikan diberbagai material. Tembok, bantal, kayu, besi, ampu, bisa jadi sasaran dari hasil cetak kamu di printer ini. “Tak ada batasan, yang membatasi tinggallah kreativitas kita,” terang Mulia Dewi Karnadi, Managing Director Imaging Printing Group (IPG) HP Indonesia.

Seperti inilah tampang HP Designjet L25500 yang menggunakan Latex sebagai tintanya. Tinta yang digadagn-gandang sebagai tinta ramah lingkungan

Seperti inilah tampang HP Designjet L25500 yang menggunakan Latex sebagai tintanya. Tinta yang digadang-gandang sebagai tinta ramah lingkungan

Seperti apa sih HP Designjet L25500? Jangan kamu bayangkan printer ini seperti printer-printer yang biasa ada di meja rumah atau kantor kamu. Ini adalah printer format lebar atau large format printer, yang ngga akan muat ditaruh dimeja tentunya.

Printer dengan tinta latex ini digadang-gadang bisa menjadi alternatif menarik dari teknologi mencetak sejenis yang menggunakan eco-solvent ataupun solvent. Ketahanan hasil cetaknya pun disebutkan sebanding dengan hasil cetak eco-sulvant.

Beberapa keunggulan tinta jenis ini terletak paad daya tahannya. Dalam video demo yang ditunjukkan saat launching produk ini, ditunjukkan bagaimana hasil cetak yang diaplikasikan di bahan vinyl yang mudah melar, ternyata tidak mudah pecah. Bahan ini akan kembali ke bantuk semula ketika dipanaskan. Ternyata, ketika bahan kembali ke bantuk semula, hasil cetak HP Designjet ini ini masih baik seperti semula. Begitupula ketika bahan cetak ditekuk, tinta latex HP ternyata tak mudah cacat.

Printer ini pun bisa mencetak di berbagai jenis media, baik kertas, kain, bahan berlapis (coated), tanpa memerlukan perlakuan khusus, seperti diungkap HP dalam rilisnya. Shaun See, Business Development Manager, Graphic Solution BusinessIPG, Asia Tenggara, kemudian menunjukkan beberapa hasil cetak Designjet dalam berbagai media cetak. Media cetak yang digunakan baik berupa wallpaper, kertas  bercorak, kain, hingga kulit.

Hasil cetak HP Designjet L25500 pada berbagai media cetak

Hasil cetak HP Designjet L25500 pada berbagai material

Dengan kemampuan mencetak di berbagai bahan material seperti ini, maka semakin memudahkan pengguna printer ini, erutama mereka yang bergerak di dunia industri kreatif,  untuk mengekplorasi idenya dengan lebih leluasa. Spanduk luar ruang, banner, dinding rumah, pelapis untuk mobil dan motor, hingga halte bus bisa dijadikan objek ekplorasi ide kamu menggunakan printer ini.

Selain mudah diaplikasikan di berbagai media, tinta latex ini ternyata cukup tahan lama. Sehingga HP berani menjamin ketahanan hasil cetak tinta ini dengan pelapis selama tiga tahun untuk display outdoor, seperti disebutkan See. Sementara untuk display indoor, HP memberi jaminan lima tahun  tanpa pelapis dan 10 tahun dengan pelapis.

Keunggulan lain teknologi latex yang diterapkan printer ini adalah ramah lingkungan. Dengan menggunakan tinta latex, hasil cetakan yang dihasilkan cepat kering serta tak berbau bahan kimia. Sehingga mengurangi pencemaran udara (HAP-hazardouz air pollutants). Tinta ini pun tak mudah terbakar. Alhasil, tinta ini pun lebih aman dan lebih sehat.


Share