Siaran TV Cable HD Sudah Ada Loh di Indonesia

firstmedia hdtv

Pieter F. Gontha, Presiden Komisaris PT First Media TBK ( tengah) didampingi Presiden Direktur First Media, Hengkie Liwanto (kiri) dan Dicky Moechtar, Director First Media (kanan) bercakap-cakap tentang teknologi siaran HDTV.

JAKARTA, RABU – Pelanggan TV cable dari First Media, alias HomeCable, yang sudah punya TV HD (High Definition) sejak Agustus ini bisa memanfaatkan TV-nya secara penuh.

Maksudnya, mereka juga bisa menikmati tayanga TV cable dengan resolusi HD (720 atau 1080 baris piksel dari atas ke bawah, atau biasa disebut 720p/1080p) tersebut. Ini sekaligus layanan HDTV pertama di Indonesia.

“Hal ini kami sajikan untuk memenuhi permintaan masyarakat terhadap kebutuhan mutu siaran yang lebih bagus, makin sempurna. Sejalan pula dengan semakin banyaknya pengguna  televisi layar lebar dengan teknologi digital,” kata Hengkie Liwanto (Presiden Direktur First Media) dalam siaran persnya. “Siaran beresolusi tinggi ini makin diperlukan bagi pelanggan yang memiliki TV berlayar lebar. Sebab makin lebar layar TV, resolusi yang dibutuhkan makin besar pula agar gambar terlihat tajam dan hidup,” tambahnya.

Ada dua saluran HomeCable yang sudah menghadirkan layanan HD ini. Yang pertama adalah saluran film box office HBO, dan yang kedua adalah saluran siaran olahraga ESPN. Perhatikan kode kode HD di tayangan kedua saluran tersebut (HBO HD dan ESPN HD).

Nah kini nonton film yang sudah dibekali teknik audio-visual mutakhir, seperti Transformer, Startrek, atau 2012, akan terasa bak di bioskop. Gambarnya jernih, dan suara terdengar mantap.

Eits, tunggu dulu. Pelanggan HomeCable tidak serta merta bisa menikmati siaran HD ini. Kamu harus menambahkan digital HD box loh! Tapi kata Hengkie, biayanya terjangkau.


Share