Buffalo Lebih Gesit Dengan TurboCopy

P1040677JAKARTA, KAMIS – Masalah yang sering dihadapi pengguna harddisk eksternal adalah lambatnya proses menyalin data dari dan ke PC. Apalagi kalau file yang disalin berukuran besar, bisa-bisa proses salin file harus ditinggal minum kopi.

Hal tersebut sebenarnya bisa dihindari dengan kreatifitas teknologi seperti yang dimiliki produk-produk baru Buffalo. Ya, di seri MiniStation HD-PXT dan MiniStation HD-PET baru, Buffalo memperkenalkan teknologi TurboPC dan TurboCopy terbaru untuk mempercepat akses data dari PC ke harddisk eksternal (maupun sebaliknya).

Keduanya tak lain adalah perangkat lunak yang bertugak melakukan utilisasi terhadap proses transfer data dari harddisk Buffalo menggunakan semacam teknologi cache.

Saat didemokan pada peluncuran perdananya di Jakarta, Boffalo memang mampu mencatatkan waktu sampai 3 menit lebih cepat ketimbang proses copy tanpa mengaktifkan 2 fitur tadi.

“Syaratnya memang harus menggunakan produk Buffalo dan menggunakan sistem operasi Windows. TurboCopy sendiri sudah dioptimalkan untuk Windows 7, namun tetap bisa dipakai di versi Vista,” jelas Edwin Segara, Buffalo Product Manager PT.  ECS Indo Jaya.

Selain lebih gesit, produk-produk Buffalo ini juga punya fasilitas pengaman data yang keren. Pengamanan data dilakukan dengan melakukan enkripsi isi harddisk. Proses enkripsi tentu saja tidak dilakukan sembarangan karena memanfaatkan proses pengacakan berbasis hardware yang sangat sulit untuk ditembus. “Kalau lupa password pembuka enkripsinya, berarti data hilang. Tidak ada cara untuk membukanya. Itu adalah sistem keamanan khas Jepang,” kata Hendry Oto, Account Manager PT. ECS Indo Jaya.

Di Indonesia, Buffalo MiniStation ini dijual dengan harga mulai dari 44 dolar. Bergantung pada jenis dan kapasitas harddisknya.


Share